Jalur Masuk Sekolah Vokasi UGM: PBUTM SV

Aku Mau Kuliah - PBUTM SV UGM merupakan singkatan dari Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada. Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima) atau nilai rapor semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) (bagi SMK empat tahun) atau hingga semester 4 (empat) untuk siswa kelas akselerasi, dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Maret. Berikut adalah jadwal pada tahun 2016:
   Pendaftaran Online: 17 Maret 2016 - 12 Mei 2016
   Pembayaran Biaya Pendaftaran : 18 Maret 2016 - 14 Mei 2016     
   Pengumuman : 25 Mei 2016  

Biaya pendaftaran pada tahun 2016 sebesar Rp. 10.000,-. Dapat dibayarkan melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BSM, BNI, BRI atau BTN dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh setelah mendaftar secara online. 

Persyaratan Umum dan Khusus

Syarat Umum 
  1. Merupakan siswa yang duduk di tahun terakhir SMA/MA/MAK/SMK.
  2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 hingga semester terakhir.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
Syarat Khusus 
  1. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester semester 1 hingga semester terakhir.
  2. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  3. Pengusulan disertai dengan mengunggah hasil scan dokumen:
    1. Rapor mulai semester 1 hingga semester terakhir.
    2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 hingga semester terakhir.
    3. Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada).
    4. Kartu Keluarga (C1).
    5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Khusus pegawai negeri atau swasta yang disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
    6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).
    7. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet dan pembayaran PBB (bila ada, untuk tiga bulan terakhir). Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
sumber: http://um.ugm.ac.id/

Terima kasih sudah berkunjung di blog AKU MAU KULIAH
Semoga informasi di atas bermanfaat. 😊

Post a Comment

0 Comments