Daftar Mata Kuliah PIKTI ITS

Pendidikan Informatika dan Komputer Terapan (PIKTI)

Aku Mau Kuliah - Jika bukan pada ahlinya, maka waktu dan biaya akan terbuang percuma. PIKTI – ITS bertujuan untuk mencetak praktisi komputer handal dalam bidang: otomatisasi perkantoran, web, desain, pemrograman smartphone,game, dan jaringan. PIKTI-ITS memiliki infrastruktur pembelajaran komputer yang memadai, dididik oleh kalangan akademisi dan praktisi komputer dari Teknik Informatika ITS. Waktu dan hari perkuliahan fleksibel memberikan kemudahan untuk memilih jam kuliah yang sesuai. Kurikulum dikembangkan mengikuti Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), kebutuhan pasar dan tren terbaru saat ini sehingga menjadikan PIKTI-ITS sebagai barometer pendidikan komputer terapan terbaik, terlengkap dan terdepan.  

Daftar Mata Kuliah

Semester 1
1. Aplikasi Perkantoran Terapan
Memberikan keterampilan kepada mahasiswa agar mampu menggunakan aplikasi perkantoran antara lain: MS. Word, MS. PowerPoint, MS. Visio, dan MS. Publisher

2. Teknologi Basis Data
Memahami dan mampu menerapkan konsep-konsep basis data (perancangan, pengelolaan data, query, form, dan report) beserta pengaplikasiannya dengan MS. Access

3. Desain Web Profesional
Menguasai teknik desain web yang menarik dan user friendly dengan HTML 5, Javascript (jQuery), CSS, konten animasi, dan cara publikasi website (domain dan hosting).

4. Dasar-dasar Pengembangan Aplikasi Android
Memberikan keterampilan dalam membuat aplikasi-aplikasi Android native sederhana dan dapat mengenal tools-tools yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android.

5. Teknik Multimedia Pendukung Game
Mampu untuk membuat aset yang dibutuhkan pada pembuatan game dan animasi dalam bentuk karakter, latar belakang, peta, suara, dan musik.

6. Pengolahan Foto Digital
Memberikan keterampilan dalam mengedit foto, memberikan efek-efek foto, memberikan filter yang dapat digunakan untuk foto-foto komersial siap cetak (pre-wedding, wedding, ulang tahun, event-event tertentu, landscape, dll).

7. Pengembangan Aplikasi Android
Memberikan keterampilan dalam membuat aplikasi-aplikasi Android berbasis web dan dapat digunakan untuk aplikasi multiplatform.

8. Pengembangan Game Action
Mampu membuat berbagai jenis game menarik ber-genre action dengan mudah dari awal hingga siap digunakan pada berbagai macam platform (desktop, web, Android, iOS, dan Windows Phone).

Semester 2
1. Pengembangan Web Berbasis CMS
Membangun website dinamis menggunakan pemrograman PHP, AJAX, basis data MySQL, CMS WordPress, dan Prestashop.

2. Pemrograman Web
Mampu membuat berbagai macam aplikasi pada platform Android dengan memanfaatkan Google Maps, basis data, dan hostingnya

3. Pengembangan Game Populer
Mampu membuat berbagai jenis game menarik dengan mudah dari awal hingga siap digunakan pada berbagai macam platform (desktop, web, Android, iOS, dan Windows Phone)

4. Pengembangan Game Edukasi
Mampu membuat berbagai jenis game edukasi dengan mudah dari awal hingga siap digunakan pada berbagai macam platform (desktop, web, Android, iOS, dan Windows Phone)

5. Desain Grafis
Mampu membuat desain grafis komersial (spanduk, banner, sampul buku, logo) dengan mudah.
Infografik     Mampu membuat berbagai macam infografik (informasi yang berisi data-data dan disajikan secara visual) lengkap dengan proses pengolahan data dan desain grafis infografik yang menarik.

6. Pengembangan Aplikasi Android Lanjut
Mampu membuat aplikasi Android lanjut dengan memanfaatkan beberapa tools yang telah tersedia.
Proyek Akhir     Mahasiswa mampu menerapkan materi-materi yang telah diajarkan ke dalam sebuah produk (dalam bentuk aplikasi, game, web, dll) yang nantinya akan dipresentasikan sebagai proyek akhir perkuliahan.

sumber: http://pikti.if.its.ac.id/

Post a Comment

1 Comments

Yuk tinggalkan jejak dengan berkomentar di sini :)